Pages

Subscribe:

Labels

5 Pemuda yang ingin menaklukan Dunia

5 Pemuda yang ingin menaklukan Dunia

Rabu, 07 Desember 2011

Chiptune


Chiptune, juga dikenal sebagai musik chip, yang disintesis musik elektronik sering diproduksi dengan chip suara vintage komputerdan konsol video game , serta dengan metode lain seperti emulasi . Pada awal 1980-an, komputer pribadi menjadi lebih murah dan lebih mudah diakses daripada sebelumnya. Hal ini menyebabkan proliferasi keluar-tanggal komputer pribadi dan konsol permainan yang telah ditinggalkan oleh konsumen karena mereka upgrade ke generasi terbaru dari platform ini. Mereka berada di permintaan rendah oleh konsumen secara keseluruhan, dan tidak sulit untuk menemukan, membuat mereka sebuah metode yang sangat mudah diakses dan terjangkau untuk menciptakan suara atau seni.

Teknologi game yang digunakan dalam produksi musik chip yang dipasarkan bagi konsumen antara 1980 dan pertengahan 1990-an. Sistem yang populer termasuk NEC PC-8801 , Commodore 64 , Nintendo Entertainment System , dan Game Boy . Sistem ini diperuntukkan pergeseran dalam perkembangan teknologi audio video game untuk suatu periode dimana konsol digunakan hardware khusus sub-sistem atau chip suara untuk menciptakan suara.

Itu terjadi setelah periode ini bahwa audio video permainan berkembang seterusnya untuk pemutaran sampel dan Wavetable sintesis teknik, menggantikan suara didedikasikan chip berbasis teknik yang telah digunakan sebelumnya untuk mensintesis suara secara real time. Sample playback menggunakan memori komputer untuk menyimpan suara pra-rekaman, yang dapat dimainkan kembali di lapangan tetap atau variabel, dan dapat diulang dalam loop terus menerus untuk memperpanjang durasi suara tanpa meningkatkan persyaratan memori.Kualitas pemutaran sampel rendah seperti yang digunakan dalam berbagai Amiga mesin, dan pelacakan perangkat lunak seperti Renoise masih sering diterima dalam komunitas musik chip, tergantung pada sifat sonik dan hardware yang digunakan dalam komposisi.


Bahkan dapat dikatakan bahwa 'musik chip istilah awalnya digunakan dalam referensi untuk gaya tracker berbasis sampel musik pada platform Amiga dan yang serupa, namun, dalam bentuk modern,' musik chip istilah, dan 'chiptune' mengacu pada musik yang dibuat oleh chip suara yang ditemukan dalam sistem game awal dan mikrokomputer .

Sebuah generator gelombang adalah modul fundamental dalam sistem sintesis suara. Sebuah generator gelombang biasanya menghasilkan gelombang geometris dasar dengan tetap atau variabel timbre dan pitch variabel. Konfigurasi umum gelombang generator yang biasanya disertakan dua atau tiga bentuk gelombang yang sederhana dan sering satu pseudo-random noise generator (PRNG). Tersedia bentuk gelombang sering dimasukkan pulsa gelombang , warna nada yang dapat divariasikan dengan memodifikasi tugas-siklus , gelombang segitiga , yang memiliki timbre tetap yang hanya berisi aneh harmonik , dan gelombang gigi gergaji , yang memiliki timbre parau cerah dan mengandung harmonik ganjil dan genap . Dua contoh penting dari sistem menggunakan teknologi ini termasuk Game Boy, dengan dua saluran pulsa (switchable antara 12,5%, 25%, 50% dan 75% gelombang siklus ), saluran untuk 4-bit PCM playback, dan pseudo-acak -noise generator. Commodore 64 di sisi lain memanfaatkan Teknologi MOS SID chip yang ditawarkan 3 saluran, masing-masing switchable antara pulsa, melihat-gigi, segitiga dan kebisingan. Tidak seperti Game Boy, saluran nadi pada Commodore 64 memungkinkan kontrol penuh atas siklus tugas gelombang. SID adalah sebuah chip yang sangat teknis canggih, yang menawarkan banyak fitur lainnya termasuk modulasi dan filter resonansi cincin disesuaikan.

Karena berbagai sistem permainan video yang tersedia, dengan chip suara yang berbeda dan prosesor menjalankan mereka, setiap sistem, sementara berbagi teknik sintesis dasar yang sama, memiliki suara yang cukup unik. Bahkan dalam sistem tertentu, kualitas suara sering bervariasi antara batch chip suara, seperti yang terjadi dengan revisi SID banyak digunakan di seluruh produksi Commodore 64.

Istilah Musik Chip telah diterapkan untuk komposisi yang lebih baru yang mencoba untuk menciptakan suara chiptune, meskipun dengan teknologi yang lebih kompleks. Saat ini, chip komposer musik menggunakan komputer modern untuk membantu mereka dalam baik komposisi, merekam, atau pelaksanaan dari bentuk seni. Komputer modern juga digunakan untuk jaringan seluruh chip musik "adegan" global. Evolusi Internet telah membantu musisi chip yang terhubung dengan masing-masing, berbagi ide lainnya, dan menciptakan acara-acara publik. Popularitas terbaru dari Creative Commons atas Hak Cipta di bidang musik chip yang juga telah membantu banyak musisi belajar dan mengembangkan kerajinan mereka melalui lingkungan open source. Emulasi dari chip suara asli telah menjadi lebih umum dan diterima karena kelangkaan meningkat dan kerapuhan dari sistem permainan video asli dan mikrokomputer digunakan.

Sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/Chiptune

0 komentar:

Posting Komentar